Seputar Penyakit Liver

Penyakit liver merupakan masalah kesehatan yang mengganggu fungsi hati, dimana organ dalam tubuh tersebut tidak dapat berfungsi secara normal. Liver atau hati terletak di bagian perut kanan atas tepatnya di bawah tulang rusuk, sedangkan bentuknya memiliki dua bagian yakni kanan dan kiri.

Hati pada dasarnya memiliki beberapa fungsi penting bagi kesehatan tubuh antara lain, sebagai metabolisme lemak dimana hati yang dapat menghasilkan empedu dan kolesterol bekerja untuk mencerna dan mengirim lemak dalam tubuh, hati juga menghasilkan asam amino yang memiliki peranan penting dalam melawan infeksi, menjadi tempat penyimpanan gula sehingga hal ini dapat menjaga normalnya kadar gula dalam darah, serta membantu pembekuan darah, dan masih banyak lagi berbagai fungsi lainnya. Ketika hati tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan fungsinya, di saat itulah penderita terdiagnosis penyakit liver.

Penyebab

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab umum penyakit liver, antara lain:

  • Infeksi yang disebabkan oleh parasit maupun juga virus yang menyerang organ hati dapat menimbulkan peradangan bahkan juga menurunkan fungsi hati. Pada dasarnya, penyebaran virus yang mengakibatkan rusaknya fungsi hati bisa melalui urin, darah, makanan yang terkontaminasi, atau bahkan berdekatan langsung dengan penderita liver.
  • Genetik/keturunan. Hampir sebagian besar penyakit timbul karena faktor keturunan. Meski demikian, faktor genetik juga tidak dapat menjadi satu patokan seseorang mengalami suatu kondisi tertentu.
  • Kelainan sistem kekebalan tubuh. Penyakit antoimun, dimana sistem imun bisa menyerang diri sendiri yang juga beresiko menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya termasuk liver.
  • Pengkonsumsian alkohol. Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan dan juga kebiasaan merokok yang tidak dapat ditinggalkan utamanya juga sangat berbahaya terhadap kesehatan termasuk hati. Alkohol mengakibatkan daya tahan tubuh lemah dan juga memperburuk penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Gejala

Masalah kesehatan yang menganggu fungsi hati atau organ tubuh bagian dalam memang patut diwaspadai. Gejala-gejala yang dialami menjadi suatu petunjuk untuk harus melakukan tindakan dengan segera sebelum terlambat. Beberapa tanda yang dapat dialami oleh penderita penyakit liver antara lain kulit dan mata tampak kuning, nyeri serta bengkak di bagian perut, warna urin gelap, mudah lelah, mual & muntah, menurunnya selera makan, feses berwarna pucat atau berdarah, rasa gatal pada kulit, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, dan juga mudah memar. Kendatipun tidak semua gejala tersebut dialami, namun bila salah satu gejala sering dialami ada baiknya segera memeriksakan lebih lanjut untuk mendapat diagnosis yang tepat.

Pengobatan

Dari segi pengobatan penyakit liver pada umumnya akan disesuaikan dengan faktor yang menjadi penyebab menurunnya fungsi hati. Bahkan dokter juga akan melakukan pemeriksaaan yang direkomendasikan untuk melihat kerusakan hati yang sebenarnya baik itu melalui tes darah, CT Scan, MRI, atau juga USG. Pengobatan kanker hati umumnya tergantung dari tingkat keparahan penyakit yang dialami, contohnya bila disebabkan oleh infeksi virus maka masih memungkinkan untuk diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan, begitu pula bila pengaruh alkohol penderita harus berhenti mengkonsumsinya. Namun, bila kerusakan hati sudah relatif parah bukan tidak mungkin harus dilakukan jalan operasi.

Penyakit liver memiliki beberapa tahapan atau yang juga dikenal dengan stadium 1 sampai akhir. Beberapa hal yang juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit liver di antaranya pengaruh bahan kimia atau racun, obesitas, diabetes, bahkan juga penyuntikan obat dengan jarum yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.