Mengenal Penyakit Jantung Bengkak

Jantung merupakan organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Fungsi utama dari jantung sendiri adalah memompa darah keseluruh tubuh. Jantung juga termasuk salah satu organ vital pada manusia karena berperan sebagai pemberi nutrisi keseluruh tubuh. Dengan arti kata organ satu ini sangat penting untuk dijaga agar tidak mengalami masalah. Jika jantung bermasalah, bukan tidak mungkin akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Yang perlu untuk ketahui ada banyak masalah kesehatan yang dapat menyerang bagian satu ini, salah satunya yaitu penyakit jantung bengkak. Penyakit jantung bengkak atau disebut dengan kardiomegali adalah kondisi dimana menebalnya otot jantung sehingga membuat ukuran jantung melebihi angka normal. Bukan tidak mungkin, kondisi jantung yang mengalami hal ini akan membuat fungsi utama jantung tidak berjalan sebagai mana mestinya. Tidak hanya itu tapi jantung bengkak sangat berbahaya apabila tidak cepat ditangani dengan baik. Jantung bengkak dapat terjadi pada usia berapa saja termasuk anak-anak.Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar hal ini tidak terjadi. Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung bengkak.

Nah, apakah diantara Anda semua ada yang tahu apa penyebab dari penyakit jantung bengkak? Jika tidak tahu, berikut ini akan dibahas mengenai penyebab, gejala, dan pengobatan dari penyakit jantung bengkak. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai penyakit satu ini, simar uraian di bawah ini.

Penyebab

Jantung bengkak, merupakan salah satu penyakit yang perlu ditindak lanjut lebih cepat. Ini dikarenakan jantung merupakan organ yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Jika jantung bengkak, secara otomatis tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga tubuh tidak akan mendapatkan aliran darah yang lancar. Jantung dapat mengalami bengkak, sesungguhnya disebabkan oleh berbagai faktor. Anda harus tahu faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan penyakit jantung bengkak ini. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lebih waspada diri. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit jantung bengkak atau pembesaran jantung.

  1. Mengalami darah tinggi
  2. Kekurangan darah merah (penyakit anemia)
  3. Jarang berolahraga
  4. Otot jantung lemah
  5. Punya penyakit jantung bawaan
  6. Kelebihan zat besi di dalam tubuh
  7. Penyakit katup jantung
  8. Gangguan tiroid

Gejala

Penyakit jantung bengkak dapat menimbulkan gejala yang berbeda-beda dari setiap orang yang punya penyakit satu ini. Namun, ada juga sebagian orang yang tidak punya gejala dari penyakit ini tapi mengidap penyakit satu ini. Hal ini baru diketahui ketika melakukan cek up. Jika Anda mengalami hal-hal ini, bisa jadi merupakan gejala dari penyakit jantung bengkak. Gejalanya seperti sesak nafas, berat badan bertambah (akibat jantung yang bengkak), sering merasa kelelahan berlebihan dengan aktivitas yang dilakukan tapi tidak berat, kaki lama kelamaan menjadi membengkak, mengalami rasa nyeri pada bagian dada yang berlangsung beberapa kali, sering pingsan mendadak, dan jantung terasa berdebar.

Pengobatan

Pengobatan untuk penyakit jantung bengkak, yang kudu dilakukan tidak lain dan tidak bukan yaitu harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan resep dokter. Selain dengan cara itu, Anda harus menerapkan pola hidup sehat seperti berhenti merokok, hindari minuman beralkohol, menurunkan berat badan jika terlalu gemuk, mengontrol tekanan darah, istirahat yang cukup, hindari menggunakan zat-zat berbahaya, dan rajin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.